Gojek
Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini, Gojek telah tersedia di 50 kota di Indonesia.Saat ini, Gojek telah tersedia di 50 kota di Indonesia. Hingga bulan Juni 2016, aplikasi Gojek sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android,dan telah tersedia di App Store. Gojek juga mempunyai layanan pembayaran digital yang bernama Gopay. Layanan Gojek kini telah tersedia di Thailand, Vietnam dan Singapura.
Bagi Anda yang masih baru menggunakan GO-JEK atau berminat jadi mitra bisnis, berikut ini cara kerjanya:
1. Order
Konsumen melakukan orderan melalui aplikasi GO-JEK. Untuk bisa menggunakannya, tentu harus mendaftarkan diri di aplikasi GO-JEK. Setelah terdaftar dan login, bisa mengaktifkan GPS dan kemudian memilih layanan.
2. Pilih Layanan
Ada banyak sekali layanan yang disediakan oleh GO-JEK dan tentunya memiliki perhitungan gaji Gojek yang tak sama. Berikut ini adalah layanan yang bisa dipilih oleh konsumen:
- GO-RIDE (sepeda motor) dan GO-CAR (mobil): Ini adalah dua layanan utama yang disediakan GO-JEK dan merupakan unggulan. Baik GO-RIDE atau GO-CAR berguna untuk mengantar-jemput penumpang.
- GO-SEND (barang/dokumen) dan GO-BOX (bongkar muat): Keduanya merupakan layanan antar-jemput barang dengan GO-SEND adalah armada sepeda motor, sementara GO-BOX dengan pick-up atau truk.
- GO-FOOD: Merupakan layanan pesan-antar makanan yang jadi ciri khas GO-JEK. Cara kerja Gojek dan gajinya untuk GO-FOOD jelas sangat berbeda karena melibatkan mitra bisnis GO-FOOD yang merupakan pemilik restoran/warung.
- GO-MED, GO-SHOP, GO-MART: Adalah layanan belanja barang. Di mana untuk GO-MED merupakan obat/resep dokter di apotek sementara GO-SHOP dan GO-MART khusus untuk pembelian barang di minimarket atau toko tertentu.
- GO-LIFE: Mencakup GO-GLAM (perawatan kecantikan), GO-AUTO (perawatan kendaraan bermotor) dan GO-CLEAN (kebersihan lingkungan/rumah. Sama seperti GO-FOOD, untuk GO-LIFE ini jelas punya sistem gaji Gojek 2019 yang berbeda karena menggunakan jasa mitra bisnis pihak ketiga.
3. Tentukan Lokasi Penjemputan
Jika sudah memilih satu dari layanan yang disebutkan di atas, maka hal berikutnya adalah menuliskan alamat penjemputan dan pengantaran yang sesuai. Konsumen lalu memilih cara pembayaran apakah GO-PAY (pembayaran digital GO-JEK) atau uang tunai.
Saat konsumen memastikan orderan, aplikasi akan mengirim pesanan ke server GO-JEK. GO-JEK akan menyalurkan orderan itu ke driver yang ada di lokasi terdekat dengan konsumen.
4. Penyelesaian Order
Driver melakukan tugasnya sesuai dengan layanan yang diminta oleh pelanggan dan menerima pembayaran yang tertera di aplikasi. Khusus untuk layanan yang melibatkan mitra bisnis (GO-FOOD, GO-LIFE), ada potongan komisi 20% yang diambil GO-JEK dalam setiap orderan.
Apa kelebihan dan kekurangan aplikasi gojek?
Kelebihan Go-Jek
1. Praktis dan Mudah
Cukup dengan mengunduh aplikasi GOJEK dan GRAB TAXI pada google play atau app store ,kita dapat memesan ojek dari mana saja dan kemana saja yang kita mau. Driver akan menuju lokasi yang kita pesan dalam waktu yang ditayangkan pada layar pemesanan.
2. Aman
Hal yang jarang diberikan oleh pengemudi ojek tradisional adalah sebuah keamanan, safety riding. inilah salah satu kelebihan Go-Jekdimana setiap penumpangnya diberikan helm atau pelindung kepala.
kekurangan dari gojek
1. Tidak menemukan pengemudi ojek
Ya, terkadang setelah pemesanan melalui aplikasi ojek online ini dilakukan, beberapa saat kemudian muncul notifikasi "we can not find a driver". Saya dua kali mengalami ini, pertama ketika mencoba menggunakan Go-Jek di Bandung dan Bogor. Hal ini mungkin disebabkan karena belum banyaknya driver Go-Jek pada saat itu di dua kota tersebut. Dan yang kedua adalah ketika mencoba memesan via Blu-Jek di salah satu titik strategis di Jakarta. Ini juga tampaknya karena masih sedikitnya pengemudi Blu-Jek yang baru saja lahir ini. Akhirnya saya memilih naek angkutan umum lainnya.
2. Standar pelayanan yang sudah tidak lagi standar
Ini saya rasakan di layanan Go-Jek. Ketika baru awal-awal beroperasi, setiap pengemudi Go-Jek yang saya pesan selalu dengan sigap menawarkan masker dan cover kepala sebagai bagian dari layanan ojek online ini. Tetapi belakangan ini hal tersebut semakin langka, jangankan penutup kepala, masker saja kadang mereka tidak tawarkan. Padahal di aplikasinya masih jelas tertulis bahwa hal tersebut merupakan bagian dari layanan ojek online ini. Standard pelayanan di aplikasi sudah tidak menjadi standar para pengemudinya di lapangan.
Apa saja manfaat gojek bagi masyarakat?
1. Efesien
Manfaat dari gojek berikut ini adalah keefesienan waktu yang diberikan. Di kota besar yang serba padat merayap terkadang membuat sebagian orang merasa malas keluar rumah karena hampir sebagian waktu di gunakan untuk bermacaet ria di jalanan. Nah saat kebutuhan mengharuskan anda keluar rumah tapi anda tidak bisa maka anda bisa menggunakan jasa gojek ini agar membantu anda secepatnya jadi sambil menunggu gojek menyelesaikan pekerjaannya anda juga bisa melakukan aktivitas lain dari dalam rumah. Dengan ini waktu anda menjadi sangat efesien sekali.
2. Cepat
Jika anda ingin pergi ke suatu tempat misalnya pergi kekampus dan jalanan di luar begitu macet serta ramai, jika anda menggunakan angkutan umum mungkin anda akan terjebak macet dan akan tiba terlambat di kampus maka anda dapat menggunakan jasa pelayanan dari gojek ini untuk menjadikan anda cepat sampai di tujuan. Gojek ini diperlukan untuk mengantarkan anda cepat sampai di tujuan.
Jika anda ingin mengirimkan barangpun anda dapat menggunakan jasa pelayanan gojek ini agar barang anda cepat sampai ke alamat tujuan. Begitu mudah bukan dengan menggunakan jasa pelayanan ini maka anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa ini.
\
Ini hanya sekedar informasi yang saya dapat jadi mungkin ada beberapa yang menurut kalian tidak sesuai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar